Berbagi Pengetahuan : Mesin Mobil / Motor Part One

"WHEN YOU HEAR THE SOUND OF THUNDER, DON'T YOU GET TO SCARED. JUST GRAB YOUR THUNDER BUDDY AND SAY THESE MAGIC WORDS: "FUCK YOU THUNDER! YOU CAN SUCK MY DICK! YOU CANT GET ME THUNDER, CAUSE YOUR JUST GODS FART!""

I like to sing it though. Hahahaha...
It was taken from a movie scene TED.

Oya, belakangan banyak temen menanyakan gimana cara untuk membuat motor or mobil jadi lebih bertenaga. Sebagian ingin agar mesin kendaraannya lebih bertenaga tanpa harus merubah komponen di dalam mesin dan sebagian ingin agar mesin kendaraannya lebih bertenaga tapi terlihat standar. Ya tentu jawabannya bisa bisa saja.

Sebetulnya mesin kendaraan itu sudah dibuat sedemikian rupa untuk perform secara optimal pada saat keluar dari pabrik, namun namanya sifat manusia yang tidak ada batas puasnya menjadikan yang sudah optimal tersebut menjadi belum optimal.

Oke, sebelumnya banyak dari teman saya yang bilang ke saya klo untuk menambah tenaga kita juga harus merombak isi dari mesin kendaraan tersebut. Pendapat tersebut memang betul dan tidak ada bagian yang salah, namun saya bertanya kembali kepada teman2 saya "Emang motor/mobil lu mo dipake buat balapan?". "Lagipula klo sudah dirubah, apakah bodi mesin lu bisa tahan dengan tingkat pembakaran yang ditingkat ga cuma 1 ato 2 level tersebut?"

Pada dasarnya bodi mesin sudah didesain oleh pihak produsen untuk siap menahan tingkat ledakan dan kompresi mesin standar dan mungkin akan lebih tahan sedikit lebih tinggi dari itu, namun klo ditingkatkannya sampe seandainya 1.5 sampai 2x lipat, saya ga yakin tu bodi mesin bakal bertahan lama. Lain halnya klo mo balapan ya. Untuk balapan pun mereka menggunakan mesin baru yang sudah didesain untuk bisa menahan tekanan yang lebih tinggi dari mesin standar bukan mengubah mesin standar ya.

Lanjut penjelasannya, untuk meningkatkan performa mesin kendaraan standar ada 2 hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan meningkatkan tingkat pembakaran di mesin dan yang kedua adalah dengan mengganti pelumas mesin dengan yang terbaik.

Bagaimana cara meningkatkan tingkat pembakaran di mesin?

Ada banyak jalan. Bisa dengan menambahkan magnet bundar (berbentuk O) pada kabel busi dan selang bensin, tujuannya apa? magnet ini berfungsi untuk membantu menselaraskan ion2 yang terdapat pada bensin dan memperlancar arus listrik pada kabel busi. Dipasaran sudah banyak merk beredar untuk magnet ini, ga susah ko nyarinya.



Bisa juga dengan mengganti busi pada mesin, namun biasanya penggantian busi ini diikuti dengan penggantian koil dan juga kabel businya. "Cuy, g uda ganti busi g pake yang iridium ko tarikannya ga beda ma busi yang standar si?" Nah orang yang kaya gini nih jadi makanan empuk toko2 or bengkel2 motor. Busi (gbr kanan), kabel busi (gbr kiri kuning), dan koil (gbr kiri bawah) itu adalah satu kesatuan, jadi klo cuma mengganti salah satunya doang ya ga akan berubah jauh...

Koil itu si produsen listrik sedangkan kabel busi itu berperan sebagai penghantar listrik dan busi itu sendiri adalah si penerima listrik dan merubahnya menjadi percikan api. Klo produksi listriknya ditingkatkan tanpa merubah media penghantar listriknya maka kapasitas listrik yang dihantarkan ke busi hanya sebatas kemampuan si kabel busi, bukan kemampuan dari si koil. Bgitu juga klo cuma ganti businya doang, istilahnya listrik dari koil standar (seandainya ya) itu 1.000 volts dan dihantarkan melalui kabel busi standar yang mampu menghantarkan listrik sebesar 1.000 volts lalu diterima busi yang sebetulnya bisa menerima sampe 10.000 volts. Menurut lo akan keluar sebuah percikan api yang sebesar 10.000 volts? Nah ini baru dari koil, kabel busi dan busi itu sendiri...

Masih dari kelistrikan nih. Bisa juga dengan mengganti aki (gbr kanan paling bawah) kendaraan dengan yang lebih besar ato bisa juga dengan menambahkan capacitor bank yang dihubungkan langsung dengan aki."Beli dimana capacitor banknya?" gugling aje, uda banyak yang jual bung... Dari yang bemerk ampe bekas juga ada... Hehehehe... Ato bisa juga mengganti si produsen listrik kendaraan yakni alternator (gbr kanan diatasnya aki) atau dinamo ampe atau kiprok atau apapun itulah pokoknya ganti dengan yang kapasitasnya lebih besar. Nah semua ini (paragraf ini) bisa untuk memperlancar kinerja semua organ2 kendaraan yang menggunakan listrik. Ga perlu disebutin satu2 kan organ2nya apa aje... hehehehe...

Oke sekian dari kelistrikan, lanjut post selanjutnya yak... Cape euy... Hehehehe...
See ya

*untuk yang punya gambar saya pinjem gambarnya ya, ga ada maksud apa2 selain cuma untuk menambah pengetahuan bagi yang belum tahu... Trims...

Komentar

Postingan Populer