Berbagi Pengetahuan : Mesin Mobil / Motor Part Two

Wokay kita lanjut lagi soal mesin and fyi, informasi disini cuma berdasarkan yang ada di otak saya aja yah klo kurang yakin n mo konfirmasi lagi silahkan cari sumber lain. Trims...

Kemaren itu sekilas tentang cara mengoptimalkan pembakaran pada mesin lewat kelistrikan. Oya bisa juga dengan mengganti CDI pada kendaraan tapi ini tidak direkomendasikan, kenapa? Gugling aja yah, uda banyak info yang beredar ko, pernah diulas juga di beberapa tabloid tentang kendaraan... hehehehe... Peace bro...

Salah satu jalan lagi untuk mengoptimalkan pembakaran yakni melalui sistem suply bahan bakar ke mesin. Pertama, gampang ko klo mo mesin lebih responsif. Ganti aja bahan bakar yang dipakai menggunakan bahan bakar yang kandungan oktannya lebih tinggi. Simultaneously the acceleration increased. Kenapa harus memakai oktan yang lebih tinggi? Gugling aja men. ok? Peace bro... Hehehehe... Pasti langsung berasa deh. Nah selain oktan, yang namanya merk itu juga ngaruh bro.

Saya si uda bedain dari masing2 merk yang ada didalem negri n karakternya beda2 cuma yang urutannya paling bawah itu (sori menyori nih) memang yang buatan dalem negri, nah diatas itu barulah yang berlambang kerang (klo ga salah itu gambar kerang, iya bukan sih??? hehehe...) yang karakteristiknya membuat konsumsi bahan bakar lebih irit n mesin kendaraan lebih responsif. Diatas itu baru yang menggunakan bahasa le france. Untuk merek yang satu ini si memang konsumsi bahan bakar terasa lebih irit lagi dari si "kerang" tapi untuk akselerasi terasa sama saja dengan si "kerang". Nah yang terakhir nih yang saya rasa akselarasinya jauh lebih meningkat cuma sayang saya harus berperang dengan diri sendiri karena merk yang satu ini dari negeri tetangga. Y'all know what I mean. Karena akselerasi sangat temptating saya untuk ngebut terus akhirnya malah jadi lebih boros deh.... Wkwkwkwkwk... Oya ini hasil research saya dengan memakai 2 motor yang berbeda dan satu motor hanya menggunakan satu jenis bahan bakar (maksudnya tingkat oktannya) dan hasilnya berdasarkan feeling saya sendiri. Cukup akurat lhooo... hehehehe...

Itu dari bahan bakarnya, nah bagi yang sudah menggunakan ECU tinggal direprogram deh ECUnya ato bisa diganti dengan produk aftermarket supaya pasokan bahan bakarnya semakin lancar masuk ke ruang pembakaran. Oya pengaturan bahan bakar ini jangan lupa diatur juga pasokan udaranya, ini bisa dengan mengganti saringan udara kendaraan yang ada di aftermarket tapi saran saya si pake saringan udara bertipe free air (without case) kenapa? Dengan tipe ini udara akan lebih mudah masuk dan lebih mudah tersaring sehingga pembakaran di ruang pembakaran bisa lebih ajib!!!

Selain itu jangan lupa juga diatur pasokan udara di karburator, sesuain ma pasokan bahan bakar. Pengaturan ini juga ada 2 tipe, mo diatur ke wet type or dry type, lebih jelasnya gugling aja yak... Jadi orang jangan males nyari info... (gila nih, penulis tidak sadar akan dirinya sendiri... hahahaha...).

Hmmm... Apalagi yah??? Kayanya segitu aja yang saya inget sampai saat ini... Hehehehe... Nanti klo ada lagi yang diinget akan segera dituangkan lagi deh...

Smoga bermanfaat bagi yang baca dan salam safe riding & driving...
Trims...

Komentar

Postingan Populer